Nokia X Series





     Seorang teman datang kerumah saya, teman itu cerita awalnya aplikasi WhatsApp pada smartphone  Nokia X itu minta di update, setelah diklik ternyata tidak bisa update. Update gagal tapi WhatsApp  malah tidak berfungsi, rupanya file corrupt. Penasaran temen saya itu minta tolong ama rekan kerjanya, prosedur standar menginstal aplikasi Android tidak terlalu sulit walau orang awam sekalipun. Namuuun gagal, WhatsApp tetap tidak bisa digunakan, makin penasaran teman saya menemui seorang temannya lagi untuk minta diperbaiki aplikasi WhatsApp nya. Prosedur yang sama dilakukan seperti ke site Google Playstore instal WhatsApp, tapi gagal maning gagal maning.

     Saya baru pertama kali pegang Smartphone Nokia X, rupanya tampilannya Windows 8/10, setelah liat-liat isi jeroan didalam system, baru saya tahu Windows 8/10 hanya User Interface saja, sedangkan base Operating System masih Android. Kebetulan saya menyimpan aplikasi WhatsApp APK yaitu file mentahnya WhatsApp, lalu saya transfer via Bluetooth, proses transfer selesai lalu instal WhatsApp... instal berjalan lancar dan test jalankan  WhatsApp  and ..... bingo. Sekarang WhatsApp sudah normal kembali.

     Saya belum coba seandainya instal langsung ke Microsoft Store site resminya Nokia X, jadi sejauh yang saya tahu kalau ada problem dengan aplikasi semisal minta update atau instal aplikasi baru, downloadlah file mentah aplikasi tersebut yaitu file APK, file tersebut bisa kita simpan untuk berjaga-jaga klo seandainya mengalami hal yang sama, disamping itu juga bisa kita distribusikan ke HP orang lain, setidaknya mengirit quota internet ... he....

     Sebagai seorang Newbies begitulah kira-kira langkah yang saya lakukan, yang paling penting Problem Solved lah... he... semoga sharenya berguna.




Posting Komentar

 
Top